Ads Top

Cara Main PSone di Komputer

PS 1 sekarang sudah gak populer lagi. Sejak datangnya PS 2, kepopuleran PS 1 semakin berkurang. Tapi, bagi yang masih ingin main game PS 1, kamu dapat memainkannya di PC. Yaitu dengan PSX emulator. Saya akan memberikan dua emulator PSX yang menurut saya terbaik, yaitu PSX  v.113 dan ePSXe.


1.     1.  pSX v1.13

Menurut saya ini yang terbaik, karena selain ringan, save dan loadnya juga mudah. Silakan didownload di sini.  
Pertama extrak dulu filenya. Sebaiknya letak filenya di folder baru. Setelah itu pilih psxfin.exe. Kalau belum di konfigurasi, terlebih dahulu diatur konfigurasinya. Pilih file, trus configuration.



Lalu pilih paths. Di sana ada State save, Memory cards, CD images, dan Screenshots.


Pada State saves, klik tanda . Lalu pilih folder saves yang ada di pSX yang diexstrak tadi.

Lakukan hal yang sama ke yang lainnya.

Setelah itu plih BIOS,
Caranya sama dengan di Paths, bedanya yang dimasukkan bukan foldernya, tapi file yang berextensi .bin yang ada di dalam folder  BIOS tersebut.

Setelah BIOS, atur  Memory cards. Untuk memori cards ini sama dengan BIOS, bedanya yang dimasukkan adalah file berformat .mcr.
Note: kalau tidak didownload di link di atas, ada kemungkinan file ini tidak ada. Bisa cari di google.

Untuk Graphics, settinganku begini
Cukup begitu sudah dapat dimainkan. Untuk memainkannya, bisa pakai kaset, bisa dengan ISO gamenya.
Kalau pakai kaset, caranya masukkan kaset, lalu pilih Insert CD drive. Setelah itu pilih drive tempat disk kaset dimasukkan.
Kalau pakai ISO, caranya pilih Insert CD image. Lalu pilih game yang akan dimainkan yang berextensi iso, cdz, dan lain-lain. File ISO ini bisa di download di http://emuparadise.org  .  Untuk memakai game shark, pSX bisa menggunakan CEP. Lihat caranya disini


2.     2.   ePSXe



ePSXe ini cukup berat. Tidak dianjurkan untuk yang memiliki CPU kecil.  Kelebihannya adalah mendukung plugin. Silakan didownload di sini. Untuk konfigurasinya tiap-tiap komputer berbeda-beda. Pilih config untuk mengatur konfigurasinya. Cobalah tiap-tiap pilihannya sampai mendapat settingan yang pas. Cara memainkannya dapat menggunakan  kaset dan dapat juga dengan ISO.  Kalau dengan kaset, caranya masukkan discnya, terus pilih file, Run CDROM. Kalau punya file ISO, pilih Run ISO. Lalu cari file ISOnya.
ISO nya dapat didownload di http://emuparadise.org. Kalau menggunakan game shark, ePSXe dapat menggunakan PEC. Kalo blom tau caranya, liat disini




Jika masih ragu silakan kasih komentar di bawah

2 komentar:

  1. gan mau tanya donk
    saya kan punya psxfin epsx 1.60 ma epsxseven
    saya dah download suikoden 1CD, final fantasy 3CD, sama digimon word 1,2,3
    nah pas saya buka sama psx'fin semua nya cuman berbentuk tutorial video aja gag bisa di maenin
    tpi saya download front misson 3 sama haverstmoon back to nature langsung bisa saya maenin gag pakai ribet.... tolong pencerahannya ya han pliiizzz

    email saya
    berenk73@yahoo.com

    BalasHapus
  2. Video tutorial kaya gimana maksudnya gan? Udah dicoba sama emulator yg lain blum?

    Kalo satu game udah bisa, biasanya yang lainnya bisa juga. Soalnya dari 3 jenis game yang agan donlot itu udah pernah ane maenin pake psxfin..

    Saran ane coba pake emulator lain. Kalo masalahnya masih sama, brarti emang gamenya yg bermasalah. Coba cari sumber yg lain. Biasanya iso yang diupload emang ga smuanya bagus. Pasti ada cacat2nya dikit.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.