Ads Top

Ayo Bermain Game PS1 Brigandine

       Menurutku ini adalah salah satu game PSone yang cukup asyik dan tidak cepat bosan untuk dimainin, yaitu Brigandine-Legend of Forsena
Game ini dirilis pada tahun 1998 oleh Altus. Baru 2 tahun kemudian dibuat lagi yang Grand Edition. Yang mana di Grand Edition ini mendukung multi player.
Juga ada beberapa fitur baru dan karakter yang baru. Pokoknya lebih lengkap dan lebih baik deh! Namanya juga Grand Edition. 
Tapi, Brigandine yang GE ini belom terlalu populer di Indonesia. Karna dulu kasetnya kayanya ga ada di pasar Indonesia. 
Pasalnya, untuk main Brigandine Grand Edition ini, kita musti belajar bahasa Jepang dulu, soalnya gamenya masih dalam bahasa Jepang. 
Kalo kita ga ngerti rasanya kurang menarik. Karena di sana ada dialog-dialog yang seru untuk diikuti. Tapi kita dapat memainkannya di PC. Dan sekarang sudah ada english pach-nya. Walopun ga terlalu lengkap sih (cuma nama pemain dan jurus-jurusnya yang aja yang Bahasa Inggris).
Game ini di Indonesia cukup populer. Terbukti dengan dibuatnya komunitas pecinta brigandine di situs-situs jejaring sosial. Walaupun PSone tidak lagi populer, namun Brigandine masih tetap ada di hati para pecintanya. Berikut deskripsi gamenya.

1. Gameplay
Dalam Brigandine, pemain akan memainkan satu dari enam negara. Setiap negara memiliki kastil-kastil dan pasukan. Setiap pasukan punya pemimpin yang disebut “rune knight” yang memiliki rune power, sehingga dapat memimpin makhluk-makhluk fiksi seperti ghoul, dragon, fairy, dan lain sebagainya yang disebut “monster”.
Rune knight dan monster memiliki expo (experience points), HP (Hit Points), MP (Magic Points), attack, defense, dan lain-lain yang kaya gitu.
Rune knight juga punya kelas-kelas tersendiri yang dapat meningkat jika telah mencapai level tertentu dan telah expert di level sebelumnya. Monster tidak memiliki kelas-kelas, tapi monster dapat diupgrade menjadi bentuk yang lebih kuat yang disebut “promotion”.

Brigandine memiliki dua gameplay mode yaitu preparation mode dan battle mode.
a.     Preparation Mode
Di preparation mode, ada organize phase dan attack phase. Di organize phase, kita dapat memindahkan pasukan dari kastil satu ke yang lain, memanggil monster baru, equip knight, menggunakan item, mengubah kelas knight, dan promosi monster. 
Pemain juga bisa mengirim rune knight untuk “quest” yang dapat membuatnya menjadi lebih kuat, membawa rune knight baru, membawa  monster baru, ato malah jadi terluka.  Sedangkan di attack phase, kita nyerang kastil lawan yang kita aggap lebih lemah.

b.     Battle mode
Ini adalah mode pertarungan. Yang mana tempatnya terdiri dari pola-pola hexagonal. Setiap karakter akan berada di satu pola hexagonal tersebut. Pemain akan dianggap menang apabila semua rune knight lawan sudah tidak ada. 
Kita juga dapat punya kesempatan ngambil monster lawan apabila rune knight lawan kita bunuh atau yang force retreat (rune knight yang memaksa melarikan diri karena tidak ada kastil terdekatnya untuk melarikan diri).


Itulah sedikit tentang brigandine. Bagi yang belum main, coba aja main karna ga bakalan bosan kalo cuma tamat satu ato dua kali. Karna  tiap negara memiliki cerita-ceritanya tersendiri. Belum lagi rune knightnya yang memiliki latar belakang dan karakter yang kuat, sehingga menarik untuk diikuti.
Oh iya, kalo yang Grand Edition (GE) itu ada perbedaan sedikit dengan yang Legend of Forsena (LoF). Seperti berserker yang punya sihir power, fairy yang punya thunder, monster bisa di-equip, dan lain-lain. Di GE juga ada animasinya. Dan dijamin lebih baik dari LoF. Hanya saja masih dalam bahasa jepang.

Bagi yang mau main tapi belum tau cara mainin di PC ato laptop, tenang aja. Di bawah ini sudah lengkap sama linknya. Pertama download dulu isonya bisa lewat link di bawaah ini.
Brigandine GE dapat diubah sebagian bahasa jepang ke english dapat didownload di sini:
caranya bisa diliat di sini

Berhubung filenya lumayan besar, aku saranin pake IDM atau gigaget untuk downloadnya. Karna aku udah lama make itu dan ga pernah mengecewakan karna dapat di resume. Kalo mau, bisa didownload disini

Untuk memainkannya, kita butuh psx emulator, di sini ada beberapa pilihan:
ePSXe  1.6.0
Bagi yang belum tahu cara menggunakannya, lihat  artikel Cara Main PSone di Komputer
 

Untuk yang pengen pake game shark, klik di bawah ini:
CEP
Kalo belum tau cara menggunakan PEC atau CEP, lihat artikelnya di sini.

Berikut musik-musik di brigandine, bisa didownload di bawah ini. Untuk mendownloadnya, caranya kopi linknya, trus pastekan di downloader kamu (IDM, DAP, Gigaget, dsb).



















4 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.